Friday, September 10, 2010

BANK AMAL SHALEH


Pada Ramadhan kali ini saya mendapat ide amal shaleh yang mungkin berbeda dari biasanya. Saya ingin mencoba menjalankan BANK AMAL SHALEH. Konsepnya sederhana, atau bahkan similar dengan konsep bank pada umumnya, hanya saja landscape-nya bukan hanya pada aktifitas bisnis ekonomi tetapi lebih dominant pada aktifitas social ekonomi, sehingga pada tingkat operasional mirip dengan lembaga pengelola dana social. Oleh sebab itu Bank Amal Shaleh ini konsepnya mengawinkan konsep bank dengan lembaga social, yang intinya tetap sama, yaitu mengintermediasi dari surplus spending unit kepada deficit spending unit. Untuk lebih jelasnya inilah profil BANK AMAL SHALEH yang menjadi proposal saya:

Nama
BANK AMAL SHALEH

Prinsip dan Konsep Aplikasi
a. Bank memfasilitasi semua pihak yang membutuhkan bantuan baik dana, barang, keahlian atau tenaga dalam mengatasi segala bentuk musibah yang sedang dialami, seperti penyakit, bencana alam, kesulitan ekonomi, kebutuhan sekolah dan lain sebagainya.

b. Bank memfasilitasi semua pihak yang ingin membantu mereka yang sedang mengalami kesulitan akibat penyakit, bencana alam, kesulitan ekonomi, kebutuhan sekolah dan lain sebagainya.

c. Bank menggunakan konsep Allocation of Charity bukan Pooling of Charity, dimana setiap charity yang masuk akan secara definitive diperuntukkan bagi projek amal shaleh tertentu.

Operasional Bank
a. Bank akan menampung dan menginformasikan projek-projek amal shaleh berupa pasien yang membutuhkan biaya pengobatan, keluarga yang membutuhkan bantuan ekonomi, anak yang membutuhkan biaya sekolah, masjid yang membutuhkan biaya pembangunan, rumah yatim-piatu yang membutuhkan donor, TPQ yang membutuhkan buku bacaan, keluarga yang membutuhkan guru ngaji dan lain sebagainya.

b. Bank akan memfasilitasi pihak-pihak yang ingin membantu projek-projek amal shaleh tertentu yang diinginkan untuk dibantu, seperti memberikan informasi untuk bisa langsung membantu atau membantu menyalurkan bantuan kepada projek-projek amal shaleh yang diinginkan. Bantuan dapat berupa zakat, infak, sedekah, hadiah atau wakaf, tergantung pada projek amal shaleh yang ada.

c. Bank akan melaporkan secara rutin bantuan yang disalurkan dan perkembangan projek-projek amal shaleh.

d. Bank beroperasi berbasis website: www.bankamalshaleh.blogspot.com

No comments:

Post a Comment